Hari Pramuka di Indonesia diperingati pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya. Penetapan momen tersebut merujuk pada peresmian Gerakan Pramuka di Indonesia yang dilakukan pada tanggal 14 Agustus 1961 silam. Apel dalam rangka memperingati Hari Pramuka Indonesia, dipimpin oleh Dra. Endang Caturwati (Wakil Kepala sekolah Bidang Sarprasdik). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka telah menunjukkan esksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka ke - 63 ini yaitu "Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI". Pramuka bukan hanya tentang aktivitas di alam terbuka, tetapi juga tentang bagaimana kita mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, jujur, dan berani. Seorang Pramuka selalu siap menghadapi tantangan, selalu siap membantu sesama, dan selalu menjaga integritas dalam setiap tindakannya, lanjut beliau Kepala SMKN 52 Jakarta juga menyampaikan bahwa pada peringatan Hari Pramuka ini, mari kita bersama-sama mengokohkan tekad untuk terus berjuang, mengabdi, dan menjadi pribadi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Mari kita jadikan Pramuka sebagai landasan untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi dan menginspirasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Dalam kesempatan yang sama Pembina Pramuka SMKN 52 Jakarta ibu Yunita, S. Pd, menyampaikan bahwa Ambalan Hassanudin - Cut Meutia gugus depan 09.167 – 09.168 SMK Negeri 52 Kalianlah penerus semangat Baden Powell sang pendiri Gerakan pramuka, berikan pelayanan terbaik untuk Sekolah dan Terlibat aktif didalam kegiatan kepramukaan baik di Dewan Kerja Ranting maupun Kegiatan Saka
Di tahun 2024, Hari Pramuka telah memasuki peringatan yang ke-63 tahun.
Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar. Sesuai daftar yg di unduh dari Bio UN SMKN 52 Jakarta mengikutsertakan 50 Peserta sebahgai sampel ANBK, dengan rincian 45 Sampel dan 5 Cadangan. Berdasarkan keterangan koordinator Proktor SMKN 52 Jakarta Ade Firmansyah Sukiman, S. Pd. pelaksanaan ANBK menggunakan dua Lab komputer yaitu Lab. KKPI dan Lab. Bahasa, selama 2 hari pelaksanaan tidak mengalami kendala apapun. Pelaksanaan ANBK SMKN 52 Jakarta berjalan sukses, sambung beliau. Hadir meninjau Pelaksanaan Gladi bersih Bpk. Kepala SMKN 52 Jakarta Supriyana, S.Pd. ditemani oleh Wakil kepala sekolah bidang Akademik Bahtiar, M.Pd. Tidak lupa kepala SMKN 52 Jakarta memberikan motifasi dan suportnya kepada anak-anak peserta ANBK.
Workshop Penyelarasan Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja adalah rangkaian kegiatan sekolah pusat keunggulan SMKN 52 Jakarta, kegiatan ini berlangsung dua hari dari tanggal 5 sampai dengan 6 Agustus 2024.
Kegiatan in iantara lain membahas
1. Sinkronisasi Kurikulum berbasis dunia kerja
2. Rancangan PKL siswa
3. Rancangan pembelajaran berbasis project
4. Draft MoU antara SMK dengan dunia kerja
Hadir dalam kegiatan ini 3 Nara sumber dari dua perusahaan bersat antara lain Dr. Farkhan, ST., MT. (Direktur PT. CNC Controler Indonesia), Deby Primadani dan Abu Hanifa dari PT. Astra Otoparts Divisi Winteq.
Dalam kegiatan ini Dr. Farkhan, ST., MT. menyampaikan poin-poit antara lain :Sinkronisasi kurikulum merupakan proses penyesuaian materi pembelajaran di sekolah, terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan kebutuhan dunia usaha dan industri (DUDI). Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan SMK memiliki keterampilan yang relevan dan dibutuhkan oleh pasar kerja, sehingga mereka dapat langsung diterima bekerja atau memiliki daya saing yang tinggi.
Sinkronisasi kurikulum dilakukan melalui kerja sama antara sekolah dan berbagai pihak industri, dengan cara mengintegrasikan input dari industri ke dalam kurikulum sekolah. Ini termasuk pembaruan materi pelajaran, penyesuaian metode pengajaran, dan pemberian pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.
Beberapa langkah dan strategi yang dapat diambil untuk melakukan sinkronisasi kurikulum meliputi:
1. Kolaborasi dengan Industri:
a. Kemitraan dengan Perusahaan: Membentuk kemitraan dengan perusahaan dan organisasi profesional untuk mendapatkan masukan tentang keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan.
b. Forum Diskusi dan Workshop: Mengadakan forum diskusi dan workshop yang melibatkan akademisi, praktisi industri, dan pemerintah untuk membahas tren terbaru dan kebutuhan tenaga kerja.
2. Pembaharuan Materi Ajar:
a. Revisi Kurikulum: Secara rutin meninjau dan memperbarui kurikulum untuk memasukkan teknologi terbaru, metode kerja, dan praktik industri.
b. Kursus dan Modul Baru: Mengembangkan kursus atau modul baru yang spesifik sesuai dengan permintaan industri.
3. Program Magang dan Praktik Kerja:
a. Magang: Mengintegrasikan program magang sebagai bagian dari kurikulum, memberikan siswa kesempatan untuk mendapatkan pengalaman langsung di tempat kerja.
b. Proyek Kerja Nyata: Melibatkan siswa dalam proyek-proyek nyata yang ditugaskan oleh perusahaan atau organisasi, sehingga mereka dapat menerapkan teori yang dipelajari dalam konteks praktis.
4. Pelatihan Guru dan Dosen:
a. Peningkatan Kompetensi: Memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi kepada guru dan dosen agar mereka dapat mengajarkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan industri.
b. Kunjungan Industri: Mendorong guru dan dosen untuk melakukan kunjungan industri guna memahami kebutuhan dan lingkungan kerja yang sebenarnya.
5. Penggunaan Teknologi dan Alat Terkini:
a. Laboratorium dan Peralatan Modern: Memperbarui fasilitas pendidikan dengan teknologi dan peralatan terbaru yang digunakan di industri.
b. Pembelajaran Berbasis Teknologi: Menggunakan platform pembelajaran daring dan alat digital untuk mendukung pembelajaran yang interaktif dan up-to-date.
6. Evaluasi dan Penilaian Berbasis Kompetensi:
a. Penilaian Kompetensi: Menggunakan metode penilaian yang berfokus pada kemampuan dan keterampilan praktis siswa, bukan hanya pada pengetahuan teoretis.
b. Sertifikasi Profesi: Menyediakan sertifikasi profesi yang diakui oleh industri sebagai bukti kompetensi lulusan.
Dengan melakukan sinkronisasi kurikulum, lembaga pendidikan dapat memastikan bahwa lulusan mereka memiliki keterampilan yang relevan dan siap untuk berkontribusi secara efektif di dunia kerja.
Pembelajaran Bahasa Jepang yang merupakan kerjasama antara SMK Negeri 52 Jakarta dengan PT. Cakrawala Indonesia Sejahtera yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Juli 2024.
Menindaklanjuti Surat Edaran Dinas Pendidikan Prov. DKI Jakarta Nomor 89/SE/2021 tanggal 30 Desember 2021 tentang Perpindahan Peserta Didik Semester Genap Tahun 2021/2022, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut.
1. Telah dilaksanakan seleksi mutasi masuk peserta didik di SMK Negeri 52 Jakarta yang terdiri dari seleksi akademik dan wawancara dengan hasil sebagai berikut:
2. Peserta didik keterangan lulus seleksi diwajibkan mengumpulkan berkas-berkas sebagai berikut :
a. Surat permohonan orang tua tentang perpindahan masuk peserta didik bermaterai Rp.10.000,-
b. Surat keterangan pindah dari satuan pendidikan asal diketahui Dinas Pendidikan/ Suku Dinas Pendidikan setempat
c. Fotokopi rapor yang telah dilegalisir oleh kepala satuan pendidikan
d. Fotokopi ijazah jenjang pendidikan sebelumnya yang telah dilegalisir kepala satuan pendidikan
e. Fotokopi akreditasi satuan pendidikan
f. Fotokopi surat izin operasional/ pendirian satuan pendidikan
g. Surat keterangan bahwa peserta didik yang bersangkutan tidak sedang menjalani sanksi karena melakukan pelanggaran tata tertib satuan pendidikan
h. Surat Pernyataan orang tua
i. Formulir peserta didik
j. Surat pernyataan peserta didik
3. Lampiran surat sebagaimana angka 2 (h, i, j) dapat di download di link www.bit.ly/form-smk52
4. Seluruh Berkas sebagaimana angka 2 dapat dikumpulkan tanggal 19-20 Januari 2022 Maksimal Pukul 14.00 WIB di ruang Tata Usaha SMKN 52 Jakarta
5. Apabila sampai dengan batas waktu yang ditentukan sebagaimana angka 4 peserta yang dinyatakan lulus
dalam seleksi tidak dapat memenuhi/melengkapi kelengkapan dokumen sebagaimana angka 2, maka ybs dianggap tidak memenuhi syarat