a a a a a a
logo
a
SUPERVISI KELASSUPERVISI KELAS

Supervisi kelas adalah proses yang dilakukan untuk memantau, menilai, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan guru, serta memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam supervisi kelas:

1. Observasi Kelas

  • Pengamatan Langsung: Supervisi sering melibatkan pengamatan langsung terhadap kegiatan belajar mengajar untuk menilai metode pengajaran, interaksi antara guru dan siswa, serta efektivitas materi yang diajarkan.
  • Catatan Observasi: Mengambil catatan mengenai teknik pengajaran, manajemen kelas, dan keterlibatan siswa.

2. Pemberian Umpan Balik

  • Umpan Balik Konstruktif: Setelah observasi, memberikan umpan balik yang mendukung dan membangun, fokus pada kekuatan dan area yang perlu diperbaiki.
  • Diskusi: Mengadakan pertemuan dengan guru untuk mendiskusikan temuan dan rekomendasi.

3. Pengembangan Profesional

  • Pelatihan dan Workshop: Menyediakan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui pelatihan tambahan atau workshop.
  • Mentoring: Menyediakan bimbingan langsung dan dukungan dari sesama guru atau supervisor.

4. Penilaian Kinerja

  • Evaluasi Kinerja: Melakukan evaluasi terstruktur mengenai kinerja guru berdasarkan standar yang telah ditetapkan.
  • Penetapan Tujuan: Bekerja sama dengan guru untuk menetapkan tujuan kinerja dan strategi untuk mencapainya.

5. Manajemen Kelas

  • Strategi Pengelolaan Kelas: Membantu guru dalam mengembangkan strategi untuk manajemen kelas yang efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.
  • Resolusi Konflik: Membantu mengatasi dan menyelesaikan masalah atau konflik yang mungkin timbul di kelas.

6. Penggunaan Data

  • Analisis Data: Menggunakan data dari penilaian siswa, observasi, dan feedback untuk membuat keputusan yang didasarkan pada bukti tentang praktik pengajaran dan pembelajaran.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Menerapkan temuan dari analisis data untuk perbaikan berkelanjutan dalam proses pengajaran.

7. Kolaborasi

  • Kerja Sama: Mendorong kolaborasi antara guru, staf, dan manajer pendidikan untuk berbagi praktik terbaik dan solusi untuk masalah yang umum dihadapi.
  • Komunitas Pembelajaran Profesional: Membentuk kelompok atau komunitas di antara guru untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman.

Penyambutan Siswa Penyambutan Siswa

SUPERVISI AKADEMIKSUPERVISI AKADEMIK

SUPERVISI AKADEMIKSUPERVISI AKADEMIK

Dalam pemenuhan RHK guru di SMKN 52 , maka perlu kepala sekolah melakukan supervisi kelas dan membuat laporan di PMM serata penilaiannya. Supervisi dilakukan dengan membuat kesepakatan atara Kepala Sekolah dan Guru untuk menentukan Topik dan Jadwal.

Supervisi kelas adalah proses yang dilakukan untuk memantau, menilai, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan guru, serta memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam supervisi kelas:

1. Observasi Kelas

  • Pengamatan Langsung: Supervisi sering melibatkan pengamatan langsung terhadap kegiatan belajar mengajar untuk menilai metode pengajaran, interaksi antara guru dan siswa, serta efektivitas materi yang diajarkan.
  • Catatan Observasi: Mengambil catatan mengenai teknik pengajaran, manajemen kelas, dan keterlibatan siswa.

2. Pemberian Umpan Balik

  • Umpan Balik Konstruktif: Setelah observasi, memberikan umpan balik yang mendukung dan membangun, fokus pada kekuatan dan area yang perlu diperbaiki.
  • Diskusi: Mengadakan pertemuan dengan guru untuk mendiskusikan temuan dan rekomendasi.

3. Pengembangan Profesional

  • Pelatihan dan Workshop: Menyediakan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui pelatihan tambahan atau workshop.
  • Mentoring: Menyediakan bimbingan langsung dan dukungan dari sesama guru atau supervisor.

4. Penilaian Kinerja

  • Evaluasi Kinerja: Melakukan evaluasi terstruktur mengenai kinerja guru berdasarkan standar yang telah ditetapkan.
  • Penetapan Tujuan: Bekerja sama dengan guru untuk menetapkan tujuan kinerja dan strategi untuk mencapainya.

5. Manajemen Kelas

  • Strategi Pengelolaan Kelas: Membantu guru dalam mengembangkan strategi untuk manajemen kelas yang efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.
  • Resolusi Konflik: Membantu mengatasi dan menyelesaikan masalah atau konflik yang mungkin timbul di kelas.

6. Penggunaan Data

  • Analisis Data: Menggunakan data dari penilaian siswa, observasi, dan feedback untuk membuat keputusan yang didasarkan pada bukti tentang praktik pengajaran dan pembelajaran.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Menerapkan temuan dari analisis data untuk perbaikan berkelanjutan dalam proses pengajaran.

7. Kolaborasi

  • Kerja Sama: Mendorong kolaborasi antara guru, staf, dan manajer pendidikan untuk berbagi praktik terbaik dan solusi untuk masalah yang umum dihadapi.
  • Komunitas Pembelajaran Profesional: Membentuk kelompok atau komunitas di antara guru untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman.

JADWAL KBMJADWAL KBM

Other Information Footer Copyright Information
Logo Website
SMK Negeri 52 Jakarta
Jl. Tarunajaya, Cibubur, Jakarta Timur. 13720
Telp/Fax : 0218732519Email : smkn52jakarta@gmail.com
Copyright © 2018 - SMK Negeri 52 Jakarta All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile