Dalam pemenuhan RHK guru di SMKN 52 , maka perlu kepala sekolah melakukan supervisi kelas dan membuat laporan di PMM serata penilaiannya. Supervisi dilakukan dengan membuat kesepakatan atara Kepala Sekolah dan Guru untuk menentukan Topik dan Jadwal.
Supervisi kelas adalah proses yang dilakukan untuk memantau, menilai, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan guru, serta memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam supervisi kelas:
Mengutip dari Laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id terkait Asesmen nasional dikatakan bahwa Peningkatan sistem evaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional pada 2021. Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. AKM dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek kompetensi minimum ini, menjadi syarat bagi peserta didik untuk berkontribusi di dalam masyarakat, terlepas dari bidang kerja dan karier yang ingin mereka tekuni di masa depan. SMKN 52 Jakarta melaksanakan ANBK selama 2 hari pada gelombang pertama. Peserta ANBK teridiri dari 50 Orang dari siswa Kelas XI. Kegiatan ANBK berjalan lancar, dan tidak mengalami kendala Apapun. Kepala SMKN 52 Jakarta mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalan kegiatan ANBK, baik kepada pengawas, Prpoktor dan panitia pelaksana ANBK SMKN 52 Jakarta.
“Fokus pada kemampuan literasi dan numerasi tidak kemudian mengecilkan arti penting mata pelajaran karena justru membantu murid mempelajari bidang ilmu lain terutama untuk berpikir dan mencerna informasi dalam bentuk tertulis dan dalam bantuk angka atau secara kuantitatif,” jelas Mendikbud.
Bagian kedua dari Asesmen Nasional adalah survei karakter yang dirancang untuk mengukur capaian peserta didik dari hasil belajar sosial-emosional berupa pilar karakter untuk mencetak Profil Pelajar Pancasila. “Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif,” tutur Mendikbud.
Suttan Ekky Pratama & Nada Nur Fadiyah, Teknik Gambar Bangunan SMKN 52 Jakarta meraih Medali Emas dalam dalam LKS Nasional XXXII Lampung 2024. Adapun Pemenang dan Perolehan Medali DKI Jakarta: LKS Nasional XXXII Lampung 2024 Pemenang Medali Perunggu Pemenang Medali Perak: Peraih Medali Emas: Dari hasil perolehan medali ini Kontingen DKI Jakarta berhasil meraih Juara Umum 3 setelah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Kepala SMKN 52 Jakarta Supriyana S.Pd. mengucapkan terima kasih banyak atas dukungan dan doa doa Bpk Ibu semua atas prestasi Ananda Ekky dan Nada sehingga masih diberi kesempatan mempertahankan emas . Dukungan doa Bpk Ibu Guru dan Karyawan semua keluarga besar SMKN 52 sangatlah berarti dan sangat berharga bagi team CADD BUILDING. Penghargaan yang tinggi tentunya kepada Ibu Sari Wulandari selaku pembimbing. Pak Eko Supriyanto Kakomli DPIB sekaligus Manager Team yang sudah bekerja siang malam mengantarkan Siswa siswi kita meraih Emas ke 3 Kali nya. Semoga amal baik dari bapak ibu semua mendaoatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT. Dan tentunya memacu kita semua untuk terus bekerja sepenuh hati dan penuh semangat, untuk SMKN 52 khususnya dan DK Jakarta pada umumnya nya. Pembimbing LKS dari Team SMKN 52 Jakarta Sari Wulandari, S.T, MMPd. Juga menyampaikan hal yang sama. Medali emas telah diraih 3 kali berturut-turut untuk lomba CAD Building, semoga tahun berikutnya bisa terus meraih emas lagi. Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik sekaligus PLT Kesiswaan Bahtiar, M.Pd. juga menyampaikan bahwa capaian prestasi anak juga bisa menggambarkan kualitas pembelajaran yang dilakukan pada tiap-tap konsentrasi keahlian, baik pembelajaran dalam bentuk Ko-kurikuler dan Ekstra-kurikuler, sehingga penting bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas termasuk memotivasi peserta didik agar tumbuh percaya diri. Semoga LKS beikutnya SMKN 52 Jakarta, melahirkan juara-juara baru baik di kancah provinsi maupun dikancah Nasional. Sekaligus mengulang kejayaan DKI Jakarta sebagai juara umum LKS Nasional.
Dalam rangka Peningkatan Kompetensi Guru Teknik Pemesinan dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan industri dan peningkatan mutu pembelajaran di SMK Negeri 52 Jakarta melaksanakan Kegiatan Sharing Pembelajaran Berbasis Dunia Industri Bersama PT CNC Controller Indonesia yang akan dilaksanakan selama 1 hari, di Ruang TP.4 teknik Pemesinan.
Kegiatan diawali dengan Presentasi Siswa yang telah mengikuti PKL di PT. CNC, selanjutnya penyajian materi terkait pembelajaran berbasis industri. Hadir sebagai perwakilan PT CNC Controller Indonesia adalah Pak Ruswanto. Dalam kesempatan itu beliau menyampaikan bawa sangat penting dalam pembelajaran di teknik pemesinan ketelitian terutama dalam pengukuran, sehingga peletakan dasar pengukuran pada semester-semester awal harus kuat. beliau juga menambahkan bahwa pembelajaran yang baik dan berkualitas akan menghasilkan juga siswa yang berkualitas.
Hal ini diperkuat lagi oleh Ketua Konsentrasi Keahlian Bpk. Drs. Nur Pakih, bahwa untuk berkualitas pembelajaran yang baik diperlukan perencanaan atau joob sheet, dengan job sheeet. Jobsheet adalah suatu prosedur kerja praktek yang berbentuk lembaran-lembaran yang meliputi tujuan praktikum, serta penugasan praktikum dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa dengan bimbingan guru sebagai pegangan bagi siswa saat praktikum.
Hadir pula menyemarakkan kegiatan diskusi Wakil Kepala Sekolah bidang Akademik Bahtiar M.Pd. dan Wakil kepala Sekolah Bidang Sraprasdik. Kegiatan ini merupakan kegiatan yg telah diprogram kan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan.